Friday, August 04, 2006

Summer Blockuster VS. Local Next Generation

Bulan Juli 2006, summer blockbuster masih menghantam layar perak kita. Setelah sempat tertunda beberapa waktu, Lucky Number Slevin akan tayang Juli ini. Thriller besutan Paul McGuigan ini menawarkan cara bertutur yang unik, permainan peran yang keren dan plot twist penuh kejutan. Sekilas gayanya tampak seperti film-film karya Quentin Tarrantino. Sayang sekali jika dilewatkan.

Sebuah film penting lagi yang patut dicatat jadwal tayangnya adalah Pirates of Carribean: Dead Man’s Chest. Film ini masih menggunakan the winning formula-nya yaitu sutradara Gore Verbinsky dan trio aktor Johnny Depp, Keira Knightley, Orlando Bloom. Kali ini mereka harus menghadapi Davy Jones and the Flying Dutchman. Davy Jones diperankan aktor gaek Bill Nighy. Akankah film ini memberikan nominasi Oscar ketiga untuk Johnny Depp? Makanya harus kita saksikan bersama-sama.

Dari khazanah film nasional, bulan ini Art Cinema TIM menampilkan karya 3 sutradara muda. Impian Kemarau karya Ravi L. Bharwanie ini menceritakan romantika sebuah desa di musim kemarau. Film ini penting ditonton karena sebelumnya sukses didapuk sebagai Best Film untuk kategori Asian New Talent Award dalam The 8th Shanghai International Film Festival Juni 2005 lalu. Cocok sekali ditonton di pertengahan summer seperti kali ini bukan?

100% Sari dibesut Cassandra Massardi serta dibintangi Oky, Tipi Jabrik dan Sujiwo Tejo. Drama serius dengan dialog yang humoris namun cerdas ini berlatar budaya Bali masa kini. Tapi tak usah berharap menonton bule-bule menentang RUU PP di Pantai Kuta atau Sanur. Kisahnya sendiri tentang perubahan dalam kehidupan rutin gadis Bali bernama Wayan Sari, setelah dia bertemu seorang DJ terkenal. Cassandra dengan cerdas menampilkan pergeseran-pergeseran kultural di Pulau Dewata tersebut dari kacamata si gadis dan orang-orang di sekitarnya.

Terakhir, Paris Dreams karya Dhani Agustinus. Film Dokumenter Indonesia ber-setting kota Paris ini mengisahkan pengalaman pahit seorang waria Indonesia di negeri orang. Sebagai pensiunan Waria Tuna Susila di jalanan kota Paris, kini Wulandari berharap bisa hidup normal dengan menjadi istri seorang Tunisia. Tapi ternyata itupun bukan jalan yang mudah.

Banyak pilihan bagus untuk ditonton bulan ini. Jadi mari nonton bersama!

Dimuat di Ad-Diction #04

No comments: