Wednesday, April 04, 2007




KALA


AMENANGI ZAMAN EDAN







Sebuah film action/thriller lahir dari tangan dingin sutradara muda berbakat Joko Anwar. Kala adalah film kedua Joko Anwar dan diproduksi oleh MD Entertainment. Lewat film ini, Joko layak menyandang gelar master of storytelling dalam sinema Indonesia baru. Ceritanya sendiri mengeksplorasi teknik penceritaan magical realism yang sangat khas Indonesia.

Film ini berkisah tentang polisi bernama Eros (Aryo Bayu) dan jurnalis bernama Janus (Fachri Albar) yang secara terpisah menyelidiki kematian misterius 5 laki-laki yang dibakar massa dalam sebuah kerusuhan. Negeri antah berantah (mirip Indonesia) yang jadi latar film ini memang diceritakan tengah dalam situasi zaman edan. Chaos dan ketidakadilan membayangi kehidupan masyarakat negeri itu. Semua orang menjadi stress dan ganas.

Tanpa disadari, penyelidikan Eros dan Janus terjebak dalam labirin penuh misteri dan bahaya. Janus yang menderita narcolepsi, tak sengaja menjadi satu-satunya orang yang mengetahui sebuah rahasia penting. Setiap kali menceritakan rahasia itu kepada orang lain, maka orang itu akan mati dengan mengerikan. Jalinan intrik pun tambah rumit dengan keterlibatan mantan istri Janus, Sari (Shanty) dan Ranti (Fahrani), penyanyi yang kehilangan seluruh anggota keluarganya. Legenda dan ramalan kuno akan mengurai semua misteri yang terjadi. Seorang Ratu Adil akan hadir sebagai superhero.

Tak seperti film-film Indonesia lainnya, Anda tidak perlu mencari pesan tersembunyi atau misi-misi sosial tertentu saat menonton film ini. Anda juga tidak perlu mengernyitkan dahi karena logika film yang patah-patah atau karena akting yang hysterical atau weird. Film ini membangun alurnya dengan sangat natural dan logika film terjaga dengan sangat hati-hati. Artistik dan sinematografinya juga digarap dengan sangat detail dan seksama. Walhasil, kita bisa menyaksikan hiburan 2 jam yang beautifully crafted, mencekam dan tanpa perlu terlalu banyak berceramah.

7 comments:

adi said...

iri bgt !!!!

Iman Brotoseno said...

well crafted by Joko..

Nieke,, said...

ummbbb, belum nonton pilemnya. ada yg bilang bagus, ada yg bilang biasa aja. jadi penasaran xD

angga said...

wahhh.. sepertinya keren, mudah2an.. ditunggu!

Unay said...

Bergetar jiwa saya nonton film ini. Congrats bang!. Film making in Indonesia will change soon, starting here...!!

Candra said...

Nggak sabarrrrrrrrrrrrr

rina said...

udah nonton, keren...!!

tapi dibilang gak ada pesan tersembunyi gak juga lho...

klo gw bilang sih disini intinya klo lo serakah lo akan mati karena keserakahan lo sendiri. semua yg mati di film ini adalah org2 yg menginginkan rahasia itu untuk dirinya sendiri..(",)