Saturday, June 11, 2005

PELITA HATI

Janji Joni; Skenario dan Catatan
MIKAEL JOHANI (editor), METAFOR (QB)
Buku ini diangkat dari skenario film komedi nasional terbaru karya Joko Anwar. Kisahnya tentang Joni, pengantar rol film dari bioskop ke bioskop. Profesinya sering tidak diperhatikan. Sebaliknya, Joni justru memperhatikan penonton-penonton bioskop. Dia bisa memetakan sosiologi penonton bioskop dengan cara yang kocak dan menarik. Perhatian itu akhirnya menambatkan hatinya pada gadis cantik yang kemudian dikejarnya setengah mati.
Skenario mentah sering tidak terlalu menarik dibaca. Apalagi di zaman audiovisual seperti sekarang. Kalau ada filmnya, buat apa membaca bukunya lagi. Untuk itu script book yang akan diluncurkan ke publik, harus memiliki nilai tambah dari filmnya. Karena itulah, buku ini memuat juga catatan harian sutradara dan produsernya. Ini memberikan nilai pengalaman yang tentu saja tidak bisa didapat kalau cuma mrnonton filmnya.
Jujur saja, secara pengemasan dan cara bertutur buku skenario Arisan yang juga ditulis Joko Anwar terasa lebih enak dibaca.


Daddy's Little Girl
MARY HIGGINS CLARK, GPU (Gramedia)
Ellie Cavanaugh seorang gadis kecil menemukan kakaknya terbunuh. Kesaksiannya berhasil memenjarakan kekasih kakaknya. Dua puluh dua tahun kemudian, pemuda itu mendapat kesempatan rehabilitasi. Ellie yang begitu yakin dengan kejahatan itu berusaha agar hukuman tetap tegak. Meskipun ancaman datang menghadang, ditambah lagi hubungan dengan sang ayah yang rumit, Ellie tetap kukuh dan membuktikan kebenaran.
Clark telah menulis cukup banyak thriller. Karakter pahlawan dalam novelnya sering digambarkan sebagai orang yang berusaha melakukan hal yang benar apapun bayarannya. Hal ini menjadi faktor distingtif yang unik dan membuat karyanya cukup digemari.
Ada 45 judul buku lain karya Mary Higgins Clark. Anda tinggal pilih mana yang Anda paling suka.

The Da Vinci Code: Special Ilustrated Edition
DAN BROWN, DOUBLEDAY (QB)
Edisi aslinya terbit tahun 2003. Berkat jargon marketing, buku ini laris manis bak kacang goreng dan menjadi buah bibir. Kisahnya tentang pakar simbologi Harvard, Robert Langdon yang terlibat penyelidikan kematian seorang kurator Museum Louvre. Upaya Langdon rupanya menyibak politik agama yang telah berlangsung berabad-abad.
Buku ini tidak murni buku spiritual. Isinya informasi seputar pertarungan ide dan kepentingan dalam pembentukan ajaran yang kita kenal sekarang lewat latar belakang kasus kriminal. Pesannya tidak terlalu baru. Enaknya buku ini mengumpulkan informasi yang tercecer menjadi pengetahuan siap saji yang mudah diakses. Plus kemampuan penulisnya membangun eksotisme lewat ceritanya. Ilustrated edition sendiri tidak terlalu membantu. Karena hanya intense pada seperempat bagian awal. Itupun kebanyakan menjelaskan hal-hal yang sudah luas diketahui.
Celestine Prophecy karya James Redfield lebih berisi panduan dan lebih dulu juga jadi bestseller. Sama-sama sedang dibuat filmnya sih.


Love Can Lie
ALEXANDER ROMANOV ET AL., DASTANBOOKS
Kumpulan cerpen dari penulis-penulis Timur Jauh. Dibuka oleh sebuah cerpen menawan karya Alexander Romanov, A Simple Act of Piety. Hanya satu cerpen ini yang diterjemahkan dari karya Romanov. Sisanya adalah karya beberapa penulis Timur Jauh lainnya. Masalah region ini mungkin yang jadi benang merah dikumpulkannya cerita-cerita ini.
Buku ini diterjemahkan dengan baik, sayang sekali editingnya agak kurang membantu sehingga dalam membacanya ada beberapa kalimat yang terasa agak janggal. Cerpen pertama pun sangat menyentuh dan memiliki alur yang kuat. Sayang cerpen berikutnya, makin ke belakang terasa makin kendor seleksinya. Selain itu, secara tematik juga susunannya agak janggal.

Are You Afraid of The Dark
SIDNEY SHELDON, GPU
Serangkaian pembunuhan menewaskan beberapa orang di empat kota. Benang merah yang menghubungkan pembunuhan itu adalah tempat bekerja pria-pria yang terbunuh. Yang tersisa hanya dua orang janda yang tidak mengerti yang terjadi. Mereka saling membenci, namun ketakutan, kecurigaan dan rasa senasib membuat mereka bahu membahu mengungkap misteri pembunuhan suami mereka, sambil sekaligus menyelamatkan nyawa masing-masing.
Entah pembaca yang tambah pintar, atau Sheldon yang menurun. Buku ini tidak seseru dan semenarik beberapa buku Sheldon sebelumnya. Plotnya mudah ditebak dan berisi terlalu banyak kebetulan, jadi agak membosankan.


Alamak
FIRA BASUKI, Grasindo
Setelah sukses dengan deretan novelnya, novelis laris ini merekam dan mengemas berbagai fenomena kehidupan kosmopolitan dalam kumpulan cerpen pertamanya. Buku ini berisi delapan cerpen dan sebuah calon novel. Kisah-kisahnya kebanyakan berlatar pergulatan nilai dalam sebuah fenomena. Bukan latar yang baru kali ini diangkat Fira.
Fira memang pencerita tulen. Dengan mudah dia mengalirkan kisah dan membedah dengan kacamatanya. Berbeda dengan dalam novel-novelnya, di kumpulan cerpen ini, kebanyakan pembaca diajak Fira untuk menuntaskan logika yang dibangunnya.

Supernova: Petir
DEE, AKUR
Lagi sebuah lanjutan Supernova yang meledak di tahun 2001. Kali ini Episode: Petir. Benang merah yang menjalin ketiga Supernova ini masih spiritual path. Jika Episode 1 dibalut dalam filososi sains yang kental. Episode 2,1 (Akar) dijalin dengan kisah petualangan menegangkan. Maka Episode 2,2 ini memilih chicklit populer sebagai gaya bertutur. Bak diari manis seorang gadis. Hal ini wajar mengingat tokohnya adalah Elektra, gadis Bandung biasa saja yang tiba-tiba mendapat pencerahan lewat yoga dan meditasi (atau internet?). Namun Dee tetap berbeda. Diari ini ditulisnya dengan presisi detail mengagumkan yang membuat kita mengangguk-angguk sambil senyum dikulum mengenang masa lalu.
Bagi pembaca yang mengeluh akan muatan Supernova: Ksatria Putri dan Bintang Jatuh, akan menemukan dermaga yang tenteram lewat buku ini. Postulat-postulat Fisika yang dulu mengisi catatan kaki halaman Supernova, kini berganti dengan Kamus Bahasa Sunda Populer yang tak sukar dimengerti. Mungkin kali ini Dee tak lagi bermaksud membuat ledakan bintang yang fenomenal, melainkan setruman listrik yang mengejutkan namun segera tenang.

The Millionaire in You
MICHAEL LeBOUF, GPU
Banyak orang yang mencari uang dan kekayaan hanya untuk mendapatkan kekayaan itu sendiri. Semakin kaya, mereka hanya akan menjadi semakin kekurangan dan merasa membutuhkan kekayaan lebih besar lagi. Akhirnya satu hal yang paling penting justru terlupakan, yaitu bagaimana caranya menikmati kekayaan itu sendiri. LeBouf menawarkan pilihan-pilihan strategis agar Anda dapat mencapai kedua tujuan itu.
Buku ini bukanlah berisi petunjuk kaya mendadak yang muluk-muluk. Bukan pula sebuah kitab yang mengajarkan kepasrahan menerima nasib. LeBouf berusaha mengeksplorasi hal yang dimiliki oleh setiap orang dan bagaimana tiap orang memberdayakannya. Hasilnya adalah peta sederhana menuju kebebasan finansial yang melegakan, tidak menyesakkan dan tidak depresif.

Kisah Pi
YANN MARTEL, GPU
Kisah Pi adalah novel tentang bocah India berusia 16 tahun. Kapal yang membawanya beremigrasi dari Madras ke Kanada tenggelam. Dia terapung-apung di tengah lautan dalam sebuah sekoci selama 227 hari dengan seekor Harimau Bengali, seekor zebra, seekor orang utan dan seekor hyena. Berkat kecerdasannya, Pi berhasil bertahan dari kemuskilan itu. Dengan kecerdasan, keyakinan dan ketangguhannya dia berhasil mencapai Kanada.
Martel menulis dengan cara sangat meyakinkan. Sejak awal dia mengaburkan batas antara fakta dan fiksi. Dalam tuturannya, dia membumbui kisah ini dengan fakta zoologis, tips memancing penyu untuk makan dan tetap bergerak sebagai tips survival. Hasilnya kita terseret membaca buku ini hingga akhir dan mengambil pilihan untuk percaya. Tak heran buku ini dianugerahi The Man Booker Prize untuk kepiawaian Martel.

Independent Traveling
AGUNG BASUKI, GPU
Banyak orang menduga bahwa untuk melakukan sebuah perjalanan keliling dunia adalah hak eksklusif kaum jetset saja. Buku ini membuktikan hal sebaliknya. Penulisnya telah bertahun-tahun menjalajah berbagai belahan bumi sambil tetap menangguk uang dari perjalanan itu. Berbagai profesi akan mengantar Anda ke sudut-sudut dunia yang tidak pernah terpikir sebelumnya.
Awalnya buku ini tampak seperti buku yang inspiratif. Namun ternyata lebih banyak informasi yang bersifat panduan. Namun ya wajar saja. Buku panduan pun banyak yang membutuhkan. Menariknya buku ini ditulis sendiri oleh orang Indonesia yang memang telah berpengalaman melakukan hal ini. Tentu saja, di luar panduan yang diberikannya, figur penulisnya akan memberi dorongan sendiri untuk memulai penjelajahan kita sendiri.

Simplify Your Work Life
ELAINE ST. JAMES, GPU
Kadang kala dunia kerja menjadi lahan berduri yang tak mudah dilalui. Namun sebenarnya masalah demikian bisa saja diawali dari perilaku Anda sendiri yang kurang mampu menyederhanakan kehidupan kerjanya. Buku ini menawarkan beberapa hal yang harus dilakukan untuk menata kembali dunia kerja dan menyeimbangkan hidup Anda.
Asyiknya buku ini tidak cuma mengajarkan perilaku kerja saja, melainkan perilaku hidup secara umum. Buku ini tak hanya menawarkan kita tips untuk mengoptimalkan waktu kerja atau caranya menjadi pekerja yang produktif, tetapi juga mengajar kita bagaimana berkomunikasi dengan baik dan menata keuangan.

Kunci Sukses Menulis Skenario
ELIZABETH LUTTERS, GRASINDO
Menulis skenario tidak mungkin hanya sekedar mengandalkan insting belaka, namun juga membutuhkan teori dan tahap-tahap yang harus dilalui dalam mengolah bakat di bidang ini. Selain itu, butuh pula manajemen yang tepat agar skenario yang dihasilkan bisa menjadi karya seni yang bisa dinikmati penonton. Buku ini berusaha menyusun teori untuk menggabung faktor intrinsik dan ekstrinsik dari sebuah pembuatan skenario.
Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan ditujukan memang untuk penulis pemula. Karena hal itu, maka buku ini patut dicoba sebagai teori. Masalah hasilnya, tentu bergantung juga pada kreativitas dan seberapa besar bakat sang penulis yang termotivasi oleh buku ini.
Layar Kata karya Seno Gumira Ajidarma juga membangun wawasan tentang skenario yang baik.


Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran
MARK HADDON, KPG
Buku hebat ini berkisah tentang penyelidikan seorang anak berusia 15 tahun, bernama Christoper Boone. Boone menyandang sindrom Asperger, sejenis autisme. Dia mahir komputer, mampu memecahkan soal-soal rumit matematika dan fisika, tetapi kikuk dalam berkomunikasi dengan orang lain dan membenci metafor. Buku ini ditulis dari sudut pandang sang detektif sekaligus pencerita. Jadi bayangkan sebuah novel atau karya sastra tanpa metafor.
Menarik sekali. Bayangkan di tengah sebuah dunia yang banjir kata-kata bersayap ini, sebuah novel hadir tanpa menggunakan metafor sama sekali. Jangan ragu atau mundur langsung dan membayangkan novel ini adalah sebuah novel yang berat dan penuh rumus fisika. Yang jelas novel ini memberi pandangan yang sangat jujur tentang dunia modern yang kita tempati saat ini. Atas kecerdasannya, buku ini meraih Whitbread Book of the Year Award.

The Privilege of Youth
DAVE PELZER, GPU
Satu otobiografi lagi dari Dave Pelzer untuk melengkapi keempat buku inspiratifnya yang lain. Buku ini mengisahkan masa transisinya dari seorang anak menjadi seorang remaja. Kisah seorang Dave muda yang berjuang mengatasi masa kanak-kanak yang pahit, mencari teman dan pengakuan masyarakat atas keberadaannya.
Pelzer memang salah satu persona paling menarik di Amerika. Dia telah menjalani kehidupan luar biasa yang menempanya. Tak heran kalau buku-bukunya menduduki puncak daftar buku-buku terlaris. Selain itu, salah satu bukunya Help Yourself dinominasikan juga untuk Pulitzer Prize. Buku ini pun tak kalah menarik untuk dibaca. Buku ini masih diceritakan dengan sensitivitas dan wawasannya yang khas.
TRY IT IF YOU LIKE: A Child Called “It”, The Lost Boy, A Man Named Dave dan Help Yourself.


Brownies
FIRA BASUKI, GAGAS MEDIA
Karya adaptasi pertama yang dilakukan Fira. Novelnya kali ini memang diadaptasi dari skenario film Brownies. Tentu saja kisahnya masih tentang lika-liku percintaan Mel, seorang gadis penggemar brownies tapi selalu gagal membuatnya. Seperti percintaan Mell yang juga gagal. Mel harus memilih antara dua lelaki, Joe dan Are.
Fira memang tidak sekedar menyalin skenario menjadi novel. Dia menulis kisah film ini lewat sebuah perspektif unik sebuah bahan dasar pembuat brownies. Sebuah bahan dasar yang membuat browniesnya terasa enak.
Dari seluruh karya Fira Basuki, buku ini lebih mirip dengan serial Ms. B. Kalau Anda atau pasangan Anda suka tema seperti ini bisa juga membaca Like Water for Chocolate karya Laura Esquivel.

The Rainmaker's Daughter
RICHARD OH, METAPHOR
Kisah cinta seorang pengacara dengan seorang gadis tanpa nama dan tanpa masa lalu, namun penuh pesona yang memperdaya. Kisah cinta itu lantas menjadi kompleks ketika wanita tanda tanya itu mengungkap bahwa dirinya tengah terluka oleh sebuah kekuatan yang mungkin tidak berasal dari muka bumi ini.
Sebuah karya Sastra Indonesia yang unik karena ditulis dalam Bahasa Inggris. Namun seluruh kisah berlatar kebudayaan Indonesia. Berbeda dengan kedua novel sebelumnya, kali ini Richard lebih condong dimasukan ke dalam genre Magical Realism. Membuat kisah cinta yang diceritakan pun terasa indah dan supranatural.

No comments: