Tuesday, June 12, 2007




The Godfather – Mario Puzo
An Offer You Can’t Refuse…






Penggalan kalimat di atas diambil dari film terfavorit sepanjang masa (versi IMDB), The Godfather. Hal tersebut tidak berlebihan. Biarpun telah lintas generasi lebih dari 3 dekade, popularitas film ini bisa dikatakan tak tergoyahkan. Tetapi jangan lupa, cikal bakal film ini adalah novel karya Mario Puzo yang diterbitkan pada tahun 1969.

Sejak diterbitkan, novel ini menempati posisi unik dalam psyche dan culture masyarakat Amerika. Karena novel ini, tema mafia yang tadinya hanya tampil dalam berita kriminal, jadi memasuki lahan budaya pop. Banyak kontroversi yang lahir di sekitar judul novel ini dan implikasinya di dunia underworld. Puzo terinspirasi mengangkat tema ini dari pengalamannya sebagai jurnalis.

Buku ini berkisah tentang kebangkitan dan keruntuhan ‘keluarga’ mafia Don Vito Corleone dan putra-putranya. Tetapi tidak sekedar kisah drama biasa, Puzo mendeskripsikan dengan detail berbagai kode perilaku yang aneh dalam dunia mafia, honor system dan perebutan kekuasaan yang penuh kekerasan antara berbagai keluarga saling yang berseteru.

Puzo sebenarnya menulis novel ini untuk mengekspresikan pandangannya keroposnya bangunan spirit bersama - American Dream yang sering dielu-elukan warga negara adidaya ini. Terlepas dari berbagai makna di baliknya, this book is very well-written, suspenseful and explodes in a series of dramatic climaxes. Jadi benar-benar “an offer you can’t refuse” kan?

No comments: